PKM-T

PENJELASAN UMUM

Merupakan program bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu, kemasan dan lain-lain) atau manajemen (perbaikan mutu kinerja SDM, pemasaran, pembukuan, status usaha, HaKI dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil (industri rumahan, pedagang kecil  atau koperasi), menengah atau bahkan berskala besar, yang menyangkut kepentingan masyarakat luas dan sesuai dengan kebutuhan calon mitra program. Mitra program yang dimaksud dalam hal ini adalah kelompok masyarakat yang berorientasi pada profit, misalnya: pedagang, klinik bersalin, penyedia jasa dan sebagainya.

PKM-T mewajibkan mahasiswa bertukar pikiran dengan mitra terlebih dahulu, karena  produk  PKM-T  merupakan  solusi  atas  persoalan  prioritas  mitra. Dengan demikian, di dalam usul program harus dilampirkan Surat Pernyataan Kesediaan Bekerjasama dari Mitra.

TUJUAN

Tujuan PKM-T adalah mendorong mahasiswa untuk memberikan bantuan teknologi (mutu bahan baku, prototipe, model, peralatan atau proses produksi, pengolahan limbah, sistem jaminan mutu dan lain-lain) atau manajemen (perbaikan kinerja SDM, pemasaran, pembukuan, status usaha, HaKI dan lain-lain) atau lainnya bagi industri berskala mikro atau kecil, menengah dan besar.

LUARAN

Luaran dari kegiatan PKM-T dapat berupa model, desain, piranti lunak, jasa, atau potensi paten. Selain itu tim PKM-T juga harus membuat  artikel ilmiah.

KRITERIA DAN PENGUSULAN

Kriteria, persyaratan pengusul dan tata cara pengusulan dijelaskan sebagai berikut:

  1. pengusul PKM-T  adalah  kelompok  mahasiswa  yang  sedang  aktif  dan  terdaftar mengikuti program pendidikan S-1 atau Diploma;
  2. anggota kelompok pengusul berjumlah 3–5 orang;
  3. nama-nama pengusul  (ketua  dan  anggota)  harus  ditulis  lengkap  dan  tidak  boleh disingkat;
  4. bidang kegiatan harus sesuai dengan bidang ilmu ketua kegiatan dan anggota dari lintas bidang sangat dianjurkan;
  5. mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, namun masih dalam satu Perguruan Tinggi yang sama;
  6. keanggotaan setiap kelompok PKM-T disarankan berasal dari minimal dua angkatan yang berbeda;
  7. besarnya dana kegiatan per judul Rp 5.000.000 (lima juta rupiah) s.d. Rp 12.500.000 (Dua belas juta lima ratus ribu rupiah);
  8. jumlah halaman  maksimum  yang  diperkenankan  untuk  setiap  proposal  adalah 10 (sepuluh) halaman dihitung mulai Pendahuluan sampai dengan daftar Pustaka (tidak termasuk  Halaman  Kulit  Muka,  Halaman  Pengesahan,  Daftar  Isi,  Daftar  Gambar, Biodata pengusul dan dosen pembimbing serta Surat Pernyataan Kesediaan Mitra); dan
  9. keseluruhan  Proposal  disimpan  dalam  satu  file  format   PDF   dengan   ukuran   file maksimum      5 MB dan  diberi   nama  NamaKetuaPeneliti_NamaPT_PKMT.pdf, kemudian           diunggah ke SIM-BELMAWA.            Hardcopy dikumpulkan di Perguruan Tinggi masing-masing.

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL

Sistematika Proposal Kegiatan bisa dilihat di sini

SUMBER DANA KEGIATAN

Sumber dana PKM-T berasal dari Direktorat, internal Perguruan Tinggi, dan pihak-pihak lain. Jika ada sumber dana selain dari Direktorat, wajib melampirkan surat pernyataan bantuan dana.

SELEKSI DAN EVALUASI PROPOSAL

Seleksi  dan  evaluasi  proposal  PKM-T  dilakukan  secara  online.  Komponen  penilaian

desk evaluasi Proposal online menggunakan formulir sebagaimana pada Lampiran 2.12.