PKM-AI

PENJELASAN UMUM

Berbeda dengan keenam jenis PKM sebelumnya yang melibatkan pelaksanaan kegiatan fisik di laboratorium ataupun lapangan, PKM-AI tidak mengenal adanya kegiatan semacam itu. Jika dalam kelima jenis PKM sebelumnya, kelompok mahasiswa mengajukan Proposal kegiatan ke Direktorat, maka untuk  PKM-AI  kelompok  mahasiswa  cukup  menyampaikan karya tulis dalam bentuk artikel  ilmiah dikirimkan secara  online. Karya tersebut ditulis mengacu pada kegiatan yang  telah selesai dilakukan kelompok  mahasiswa  yang  sama. Kelompok penulis yang artikel ilmiahnya dinilai baik dan layak dipublikasikan, akan memperoleh insentif dana tunai sebesar Rp 3.000.000 (tiga juta rupiah).

PKM-AI diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam menuangkan pemikiran dan hasil-hasil kegiatan ilmiah yang telah  dilakukan ke dalam bentuk  sebuah artikel ilmiah sesuai kriteria standar penulisan jurnal ilmiah. Dengan demikian, program ini diharapkan mampu mengantarkan mahasiswa kepada keterampilan atau kemahiran menulis.Melalui kemahiran  tersebut  mahasiswa secara  runut  mampu  menguraikan  suatu permasalahan sehingga mendorong perlunya usaha penyelesaian atau pencarian solusi dengan tujuan tertentu, kaitannya dengan usaha-usaha yang mungkin telah dilakukan orang lain.   Disamping   itu   mahasiswa   juga   mampu   memilih   teknik   dan   landasan   metode penyelesaian  masalah  disertai  dengan  kemampuan  menguraikan  landasan  teori  yang terkait dengan permasalahan yang    dibahas, serta ketajaman pembahasan dan menganalisis hasil yang diperoleh, yang akhirnya bermuara pada penyimpulan upaya penyelesaian masalah yang telah dilakukan.

Ada tiga karakter utama PKM-AI, yaitu: a) tidak ada usulan pembiayaan; b) usulan berupa artikel ilmiah siap terbit yang mengikuti kelaziman kaidah penulisan suatu jurnal ilmiah; c) sumber penulisan artikel ilmiah tersebut adalah kegiatan yang telah selesai dilakukan kelompok  mahasiswa penulis  artikel.  Karakter terakhir ini sekaligus menunjukkan  bahwa sumber penulisan merupakan kegiatan, bukan laporan.

Dalam PKM, kreativitas dan kerja sama tim merupakan dua unsur yang diprioritaskan. Oleh karena itu, sejak dimulainya implementasi PKM-I tahun 2006 dan PKM-AI 2009, penulisan mahasiswa tunggal dalam rangka Skripsi atau Tugas Akhir tidak diperkenankan lagi karena tidak adanya unsur kerjasama tim. Demikian pula hasil praktikum tidak diperkenankan dijadikan sumber artikel PKM-AI karena tidak ada unsur kreativitas. Sebagaimana pembidangan dalam 5 (lima) PKM lain, PKM-AI menganut pembagian bidang yang sama.

TUJUAN PKM-AI

Tujuan  dari  kegiatan  PKM-AI  adalah  menumbuh  kembangkan  minat  dan  kemampuan menulis ilmiah mahasiswa.

LUARAN PKM-P

Luaran kegiatan PKM-AI adalah artikel ilmiah.

KRITERIA DAN PENGUSULAN

Kriteria, persyaratan pengusul dan tata cara pengusulan dijelaskan sebagai berikut:

  1. pengusul PKM-AI  adalah  kelompok  mahasiswa  yang  sedang  aktif  dan  terdaftar mengikuti program pendidikan S-1 atau Diploma;
  2. anggota kelompok pengusul berjumlah 3–5 orang;
  3. nama-nama pengusul  (ketua  dan  anggota)  harus  ditulis  lengkap  dan  tidak  boleh disingkat;
  4. bidang kegiatan harus sesuai dengan bidang ilmu ketua peneliti atau yang relevan;
  5. mahasiswa pengusul dapat berasal dari berbagai program studi yang berbeda atau dari satu program studi yang sama, namun masih dalam satu Perguruan Tinggi yang sama;
  6. keanggotaan setiap kelompok PKM-AI disarankan berasal dari minimal dua angkatan yang berbeda;
  7. jumlah  halaman   maksimum   yang   diperkenankan   untuk   setiap   proposal   adalah minimum 8 (delapan) halaman  dan maksimum 10  (sepuluh)  halaman  (tidak termasuk  Halaman  Kulit  Muka,  Halaman  Pengesahan,  Surat  Pernyataan,  Biodata pengusul dan dosen pembimbing);
  8. Setiap mahasiswa pengusul harus membuat surat pernyataan tentang sumber tulisan PKM-AI (Lampiran        2.18);   yang    ditandatangani pengusul          dan      ketua prodi/departemen/jurusan serta di cap/stempel.
  9. Keseluruhan Proposal  disimpan  dalam  satu  file  format  PDF  dengan  ukuran  file maksimum 5 MB      dan      diberi   nama      NamaKetuaPeneliti_NamaPT_PKMApdf, kemudian diunggah ke SIM-BELMAWA. Hardcopy  dikumpulkan di Perguruan Tinggi masing-masing.

SISTEMATIKA PENULISAN PROPOSAL

Sistematika Proposal Kegiatan bisa dilihat di sini

 

SELEKSI DAN EVALUASI PROPOSAL

Seleksi  dan  evaluasi  kegiatan  PKM-AI  dilakukan  secara  online  oleh  Tim  Direktorat (Lampiran   2.20).Tulisan  atau  naskah  bersumber  dari  karya  mahasiswa  pada  bidang akademik seperti Praktik Lapang, Kuliah Kerja Nyata, Magang, Penelitian (bagi mahasiswa yang  membentuk  Kelompok  Studi  atau  Riset  misalnya),  Studi  Kasus  Kelompok  dalam rangka Tugas Khusus Mata Kuliah tertentu, serta kegiatan lain seperti PKM-P, PKM-K, PKM- M, PKM-T, PKM-KC dan Penelitian Inovatif terkait dengan kegiatan Program-program kompetitif atau sejenisnya. Karya tersebut telah dilaksanakan kelompok mahasiswa yang menuliskannya.  Setiap artikel wajib menyertakan Surat Pernyataan yang berisi: 1) Sumber Penulisan  yang  diacu,  dan  2)  Naskah  belum  pernah  diterbitkan/dipublikasikan  dalam bentuk  prosiding  maupun jurnal  sebelumnya, ditandatangani ketua  pengusul  dan ketua prodi/departemen/jurusan serta dicap (Lampiran 2.18).