PHBD

Dalam rangka menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat desa, Direktorat Kemahasiswaan, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kemenristekdikti kembali menawarkan ke berbagai bentuk organisasi mahasiswa baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan atau lembaga eksekutif mahasiswa untuk mengikuti Program Hibah Bina Desa (PHBD).

Misi

Misi penyelenggaraan PHBD adalah:

  1. membentuk mahasiswa  yang berkarakter positif, empatik,  peduli,  ulet  dan kreatif, bertanggung jawab dan mampu bekerjasama untuk memberdayakan masyarakat;
  2. menemukan atau     mengembangkan         potensi desa     untuk   pemberdayaan masyarakat;
  3. membangun  kerja  sama  yang  baik  antara  mahasiswa,  perguruan  tinggi, pemerintah daerah, swasta dan masyarakat desa.

Tujuan

Tumbuhnya kepedulian dan terbukanya kesempatan mahasiswa untuk berperan aktif dalam pembangunan, melalui program pengabdian kepada masyarakat yaitu:

  1. membantu mengatasi  permasalahan  pendidikan,  kesehatan,  ekonomi  dan lingkungan   yang  dihadapi  masyarakat  desa  melalui  upaya  peningkatan kesadaran/sikap, wawasan/pengetahuan dan keterampilan;
  2. menerapkan konsep pemberdayaan dan atau teknologi tepat guna dalam tim kerja yang bersifat interdisipliner dan kolaboratif;
  3. membangun  kemitraan    dengan   stakeholder   terkait   dalam   mewujudkan program;
  4. menjadikan lokasi PHBD sebagai desa binaan kampus.

LINGKUP DAN TEMA

  1. Lingkup

Lingkup bidang PHBD meliputi pendidikan, pertanian, kesehatan, ekonomi, sosial budaya, dan lingkungan. Kegiatan  yang diusulkan harus bersifat strategis  dan berkelanjutan berdasarkan potensi dan identifikasi masalah masyarakat serta memiliki roadmap yang jelas yang menggambarkan partisipasi masyarakat, perguruan tinggi, pemerintah daerah, dunia usaha/industri.

  1. Tema

Tema Hibah Bina Desa antara lain:

  1. Pengentasan kemiskinan;
  2. Kesehatan;
  3. Pendidikan;
  4. Ketahanan dan keamanan pangan;
  5. Energi baru dan terbarukan;
  6. Keragaman hayati;
  7. Mitigasi bencana;
  8. Seni dan budaya/industri kreatif/pariwisata;
  9. Teknologi informasi dan komunikasi.

Adapun lingkup sasaran kegiatan PHBD adalah satu desa yang dapat dijangkau (akses) dengan mudah oleh Ormawa/perguruan tinggi pelaksana pada saat dan pasca pelaksanaan.

PARTISIPAN

Pengusul PHBD adalah kelompok mahasiswa aktif program Sarjana atau Diploma berbagai disiplin yang tergabung di dalam organisasi kemahasiswaan baik Ikatan Organisasi Mahasiswa Sejenis (IOMS), Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) maupun lembaga eksekutif mahasiswa dan disetujui oleh Pemimpin Perguruan Tinggi pelaksana.

Organisasi dimaksud adalah Ormawa intra perguruan tinggi di lingkungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi yang dibuktikan dengan Surat Keputusan Pemimpin Perguruan Tinggi atau Ormawa antar perguruan tinggi yang dibuktikan dengan Surat Keputusan dari Direktur Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan/Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi.

Kepada organisasi mahasiswa dalam lingkup STMIK Nurdin Hamzah yang berminat untuk mengikuti PHBD dapat mengusulkan pra-proposal melihat jadwal berikut ini :

Nama Kegiatan Bulan KET
JAN FEB MAR APR MEI JUN JUL AGS SEP OKT NOV DES
PROGRAM HIBAH BINA DESA (PHBD) BAGI MAHASISWA YANG TERDAFTAR DALAM ORGANISASI KEMAHASISWAAN STMIK NH
Sosialisasi Pelaksanaan PHBD  X
Pembentukan Kelompok PHBD, Penetapan Dosen Pembimbing  X  X
Penulisan Draf Proposal  X  X
Penyerahan draf proposal ke Bagian Kemahasiswaan  X  X  X
Revisi Proposal  X
Penyerahan Ke Institusi  X
Unggah usulan PHBD ke BELMAWA DIKTI Sesuai Jadwal dari PHBD BELMAWA

Lihat Syarat dan Cara Penulisan Proposal PHBD disini…